Resep Membuat Sambal Mangga Muda Pencit

Sebelumnya blog resep enak lezat sudah memberikan resep tentang sambal bajak enak, sambal tomat goreng, dan sambal kacang pecel madiun. Kali ini kami kembali akan memberikan resep sambal untuk sobat kuliner yaitu resep sambal mangga muda atau di Jawa Timur dikenal dengan nama sambal pencit.

Resep Membuat Sambal Mangga Muda Maknyus

Sambal mangga muda ini akan memberikan sensasi rasa pedas yang khas, yaitu rasa pedas disertai asem atau kecut yang dihasilkan dari mangga muda. Buat wanita hamil yang sering ngidam mangga muda, juga bisa mencoba untuk membuat sambal ini, namun jangan memakannya terlalu banyak. Sambal ini sangat cocok dimakan di siang hari yang panas beserta lauk ikan dan lalapan.

Cara membuat sambal mangga muda ini sangatlah mudah dan bahan-bahannya mudah didapat. Anda hanya harus menyediakan mangga muda yang hanya berbuah di waktu tertentu. Untuk sambalnya anda bisa menggunakan sambal hijau atau merah.

Buat sobat yang sudah penasaran bagaimana resep sambal mangga muda, silakan simak resep sambal mangga muda di bawah ini.

Resep Membuat Sambal Mangga Muda


Bahan sambal mangga muda:
sediakan 8 buah cabai merah keriting
sediakan 10 buah cabai rawit merah
sediakan 4 butir bawang merah
sediakan 1 sdt terasi yang sudah dibakar sebelumnya
sediakan 1 1/2 sdt gula merah yang disisir halus
sediakan 150 gr mangga muda yang diserut sawut
garam secukupnya

Cara membuat sambal mangga muda:
1. Langkah pertama adalah uleg semua bahan kecuali mangga muda sampai halus
2. Setelah halus, lalu masukkan mangga muda
3. Uleg kembali secara kasar sehingga mangga muda masih agak kasar dan tidak terlalu halus
4. Sambal mangga muda siap dihidangkan

Nah sampai di sini sambal mangga muda/sambal pencit sudah siap dihidangkan. Memang cara membuat sambal yang satu ini sangat mudah dan tidak ribet. Silakan anda coba resepnya di rumah, dan silakan share resep sambal mangga muda ini ke teman anda jika bermanfaat. Salam kuliner!