Resep Membuat Kue Jongkong Enak Tradisional

Resep Membuat Kue Jongkong Enak - Kue jongkong adalah kue tradisional khas daerah Sumatera. Biasanya kue sering ditemukan di daerah bangka dan beberapa daerah di Pulau Sumatera. Tak terkecuali di daratan Melayu pun ada kue ini.

Kue jongkong ini memang sangat tradisional dan tidak semua orang bisa membuatnya. Anda tidak akan bisa menemukan kue ini di toko-toko kue sembarangan. Biasanya kue jongkong hanya dijual di toko kue khusus makanan tradisional.

Resep Membuat Kue Jongkong Enak Rasa Tradisional
resep kue jongkong mudah
Ada beberapa jenis kue jongkong ini di antaranya yang menyerupai bubur sum-sum, kue jongkong ketan hitam, serta kue jongkong lapis. Cara membuat ketiga jenis kue jongkong tersebut hampir sama namun perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan. Nah kali ini kami akan memberikan resep kue jongkong bangka.

Resep Mudah Membuat Kue Jongkong Bangka


Bahan gula :
sediakan 250 gram gula merah yang disisir halus
sediakan 75 gram gula pasir

Lapisan berwarna putih :
sediakan tepung beras 50 gram
sediakan tepung sagu 1 sendok makan
sediakan santan  400 ml dari 1/2 kelapa

Lapisan berwarna hijau :
sediakan tepung beras 50 gram
sediakan tepung sagu 1 sendok teh
sediakan santan  450 ml dari 1/2 kelapa
sediakan air daun pandan kira-kira 50 ml

resep kue jongkong
resep kue jongkong

Cara Resep Membuat Kue Jongkong Bangka :

1. Membuat Lapisan Hijau : Langkah untuk membuat lapisan jongkong hijaunya yaitu campurkanlah tepung sagu, tepung beras kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk perlahan. Kemudian tuangkanlah air daun pandan yang tadi sudah disiapkan. Lamu masak menggunakan nyala api sedang sembari terus diaduk sampai adonan terlihat mengental. Lalu angkatlah dan sisihkan.

2. Membuat Lapisan Putih : Langkah berikutnya yaitu membuat lapisan jongkong berwarna putih yaitu sama seperti langkah di nomor 1, namun tanpa menuangkan air pandan.

3. Langkah ketiga yaitu menyiapkan cetakan jongkong lalu masukan 1 sendok teh gula pasir serta gula merah ke dalam cetakan. Setelah itu tuangkan adonan jongkong hijau terlebih dahulu lalu kukus setengah matang hingga terlihat mengeras.

4. Langkah terakhir tuangkan adonan jongkong putih ke dalam cetakan, lalu kukus lagi sampai matang betul. Kue jongkong bangka siap dihidangkan, anda bisa menambahkan irisan duan pandan agar terlihat cantik.

Kue jongkong ini sangat cocok untuk menemani pagi hari anda. Anda juga bisa membuat kue ini ketika sedang ada hajatan atau arisan di rumah anda. Selain membuatnya yang mudah, bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan di pasar.
Sekian resep membuat kue jongkong Bangka enak kali ini, jangan lupa baca juga resep kue sus vla vanila enak.