Resep Sambal Tomat Goreng Pedas Nikmat

Resep Sambal Tomat Goreng Pedas Nikmat – Siapa yang tidak kenal dengan sambal tomat? Semua orang sudah pasti pernah mencicipi jenis sambal satu ini. Sesuai dengan namanya, sambal satu ini dibuat dari bahan baku buah tomat yang segar. Kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang begitu nikmat di lidah.

Sambal tomat sangatlah cocok untuk teman makan segala macam kuliner. Mulai dari ayam goreng, sup, nasi goreng, gorengan, dan masih banyak lagi. Berikut ini kami sajikan resep sambal tomat goreng yang bisa Anda coba masak sendiri di rumah.

Resep Sambal Tomat Goreng Pedas Nikmat

Resep Cara Membuat Sambal Tomat Goreng Spesial

Bahan-Bahan:

- Tomat ukuran sedang cukup dengan 2 buah, potong-potong
- Cabe merah besar sebanyak 5 buah, potong kasar
- Cabe rawit merah sekiranya 3 buah
- Bawang merah sebanyak 4 butir
- Bawang putih sekitar 2 siung
- Terasi bakar cukup 1 sendok teh (bila suka)
- Minyak untuk menumis/menggoreng secukupnya
- Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Sambal Tomat Goreng Pedas Mudah

1. Langkah pertama tumislah terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, dan terasi sampai mengeluarkan aroma yang harum. Usahakan ketika menumis gunakan api kecil saja. Karena jika terlalu besar, takutnya nanti bumbu bisa mudah gosong.

2. Selanjutnya masukan tomat kedalam tumisan tersebut. Tumislah tomat bersama dengan bahan-bahan lain sampai airnya menyusut dan layu.

3. Sementara menunggu tumisan matang, haluskan bahan-bahan lainnya dengan menggunakan cobek atau blender supaya lebih cepat.

4. Masukan bahan yang telah dihaluskan tadi kedalam tumisan tomat. Tumis lagi sampai matang dan berubah warna.

5. Apabila sudah matang secara sempurna, sajikan sambal tersebut sebagai pelengkap sajian kuliner utama. Seperti nasi goreng, ayam goreng, gorengan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Resep Membuat Sambal Bajak Enak

Apabila resep di atas masih kurang pedas, anda bisa menambahkan takaran cabai rawit yang digunakan. Itulah informasi seputar resep membuat sambal tomat goreng yang dapat kami sajikan.
Selamat mencoba!