Resep Ayam Rica-Rica Pedas Khas Manado

Resep Ayam Rica-rica Pedas Khas Manado - Resep ayam merupakan resep yang paling banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia dan dunia. Mengapa bisa demikian? Karena ayam merupakan makanan umum yang hampir setiap hari dimakan oleh orang di seluruh belahan dunia, selain daging dan ikan. Ayam menjadi menu favorit masyarakat dunia dan menjadi sumber protein yang paling digemari.

Ayam cenderung mudah dan cepat dibiakkan sehingga kita dapat dengan mudah membeli ayam di pasar. Tidak seperti daging sapi dan kambing yang lama dibiakkan, ayam dan ikan cenderung lebih cepat sehingga menjadi andalan penduduk dunia sebagai asupan gizi. Tak heran jika permintaan ayam di seluruh dunia tak pernah menurun dan bahkan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Resep Ayam Rica-rica Pedas Khas Manado

Di Indonesia sendiri, ayam biasa dimasak menjadi berbagai macam resep dan menu yang sangat enak disantap. Apalagi Indonesia terkenal dengan budaya dan adat istiadat yang amat beragam dari Sabang sampai Merauke, membuat cara-cara memasak ayam menjadi beragam di masing-masing daerah.

Menu ayam yang sangat umum dan general adalah ayam goreng biasa dan ayam tepung atau ayam crispy. Saya kira semua orang dan ibu-ibu pasti bisa membuat menu ini. Menu ayam goreng ini disajikan bersama dengan sambal mentah maupun sambal goreng yang pedas. Jika anda ingin mencoba rasa baru yang unik, anda dapat menyantapnya dengan sambal tomat.

Menu dan resep ayam yang lain adalah ayam geprek. Resep ayam geprek ini sangat populer di daerah Yogyakarta, Semarang, Salatiga, dan Solo. Menu ini berkembang di daerah yang berada dekat dengan kampus. Di Yogya misalnya, warung ayam geprek menjamur di sekitaran kampus UGM, UII, UMY, dan UNY. Bahkan di dekat UNY ada warung ayam geprek yang paling terkenal yaitu PrekSu (Ayam Geprek Susu). Ayam geprek dibuat atas dasar praktis untuk menghidangkan menu dengan cepat.

Nah jika berbicara menu dan resep ayam yang tradisional, kita bisa membuat ayam rica-rica pedas khas Manado. Resep ayam rica-rica ini juga banyak dicari oleh ibu-ibu rumah tangga di Indonesia. Ayam rica-rica sendiri merupakan masakan khas dan asli Manado yang terbuat dari ayam dengan bumbu pedas berupa cabai, bawang, merica, garam, dan gula. Rasa ayam rica-rica ini pedas dan sangat enak disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Bagi anda yang penasaran dengan resep ayam rica-rica khas manado, jangan khawatir karena ResepEnakLezat telah menyediakan resepnya untuk anda. Anda bisa mencoba membuat resep ayam rica-rica pedas ini di rumah anda sendiri dan menghidangkannya untuk keluarga. Silakan simak resepnya di bawah ini.

Resep Ayam Rica-rica Pedas Khas Manado

Resep Ayam Rica-Rica Pedas Khas Manado

Bahan ayam rica-rica:

sediakan 1 ekor ayam kampung, potong sesuai bagian
sediakan 1 buah jahe, memarkan
sediakan 2 batang serai , memarkan
sediakan 8 lembar daun jeruk nipis
sediakan Gula dan garam secukupnya
sediakan Minyak goreng untuk menumis secukupnya
sediakan Air

Bumbu ayam rica-rica:

sediakan 4 siung bawang putih
sediakan 4 siung bawang merah
sediakan 20 buah cabai rawit merah
sediakan 8 buah cabai merah besar


Cara membuat ayam rica-rica pedas Manado :

1. Langkah pertama adalah goreng ayam hingga setengah matang, lalu angkat dan tiriskan.

2. Langkah kedua tumis semua bumbu yang telah dihaluskan, sambil diaduk dan tunggu sampai tercium bau harum.

3. Langkah ketiga yaitu tambahkan air secukupnya supaya tidak gosong.

4. Langkah empat yaitu tambahkan sedikit daun jeruk, jahe serta serai. kemudian sekarang masukkan ayam nya.

5. Langkah kelima yaitu siram ayam dengan kuah supaya bumbu meresap ke dalam daging ayam. Lalu tunggu beberapa saat hingga ayam matang serta kuahnya tinggal sedikit, kemudian angkat lah.

Sampai di sini ayam rica-rica pedas khas manado sudah matang dan siap dihidangkan untuk keluarga anda di rumah. Sajikan menu ayam rica-rica pedas ini bersama dengan nasi putih hangat. Untuk menu pelengkap, anda bisa menyajikan tumis jamur kancing atau tumis daun pepaya. Sekian ulasan https://miresep.blogspot.com/ kali ini tentang Resep Ayam Rica-rica Pedas Khas Manado. Silakan share artikel ini ke temanmu jika bermanfaat. Sampai jumpa di artikel resep berikutnya.