Resep Memasak Ikan Mujair Asam Manis Pedas

Memasak Ikan Mujair Goreng Asam Manis Pedas - Ikan mujair merupakan ikan air tawar yang umum kita jumpai pada masakan indonesia. Anda dapat mendapatkan ikan ini di pasar tradisional. Banyak orang menyebut ikan mujair memiliki kesamaan dengan ikan nila. Biasanya ikan mujair terdapat di warung-warung makan atau restoran padang. Ikan ini biasa dimasak dengan cara digoreng atau digulai.

Resep Ikan Mujair Goreng Asam Manis Pedas
mujair asam manis pedas
Nah buat bunda yang ingin mencoba menu olahan ikan mujair lainnya, mungkin bisa mencoba membuat ikan mujair pedas manis. Cara memasak ini cukup unik karena ikan mujair akan kita kombinasikan antara rasa pedas dan manis. Bagaimanakah Resep Ikan Mujair Goreng Asam Manis Pedas?.

Resep Ikan Mujair Goreng Asam Manis Pedas
resep mujair asam manis pedas

Resep Ikan Mujair Goreng Asam Manis Pedas


Bahan resep mujair asam manis pedas:

sediakan 1 kg ikan mujair
sediakan 1 buah wortel iris tipis memanjang
sediakan 3 buah cabai merah iris tipis
sediakan 4 siung bawang merah iris tipis
sediakan 4 siung bawang putih iris tipis
sediakan 1 buah tomat diiris-iris
sediakan 1 batang daun bawang diiris-iris
sediakan 2 ruas jahe iris
sediakan 2 sdt kecap manis
sediakan 1 sdm tepung sagu/maizena
sediakan air perasan asam jawa secukupnya
sediakan garam secukupnya
sediakan gula secukupnya

Resep Ikan Mujair Goreng Asam Manis Pedas
mujair pedas manis 
Cara membuat mujair goreng pedas manis:

1. Langkah pertama yaitu ikan mujair dibersihkan terlebih dahulu lalu dilumuri dengan garam, kemudian diamkan selama 5 menit agar garam meresap lalu goreng sampai matang dan kering.

2. Langkah kedua, tumislah bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga keluar aromanya harum setelah itu tambahkan cabai, air perasan asam jawa, kecap, serta bumbu-bumbu lain.

3. Langkah ketiga yaitu tambahkan tepung maizena atau tepung sagu kemudian beri sedikit air agar agak kental, masak hingga mendidih.

4. Langkah terakhir, letakkan ikan mujair goreng di atas piring lalu siramkan saus pedas asam manis pada ikan.

Sampai di sini ikan mujair goreng pedas manis siap dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat. Anda dapat juga menyajikan sayur daun singkong Padang untuk melengkapi menu ini. Sekian ulasan resep mujair asam manis pedas dari https://miresep.blogspot.com/ kali ini semoga bermanfaat.