Resep Membuat Pindang Serani Asli Jepara

Resep Pindang Serani Asli Jepara - Pindang serani merupakan masakan khas asli Jepara Jawa Tengah yang begitu terkenal di daerah asalnya. Secara geografis, Jepara terletak di daerah tepi laut, jadi tak mengherankan jika ikan sudah menjadi makanan sehari hari masyarakat di sana.
Ada salah satu masakan yang unik dari Jepara yaitu pindang serani. Biasanya pindang terbuat dari ikan laut yang diawetkan, namun berbeda dengan pindang serani.

Resep Membuat Pindang Serani Asli Jepara
pindang serani khas jepara
Pindang Serani justru bisa terbuat dari ikan nila, mujair, atau patin yang masih dalam kondisi segar, kemudian dimasak dengan bumbu dan kuah. Rasa masakan ini gurih dan sangat cocok disuguhkan bersama nasi putih. Bagaimanakah resep memasak pindang serani khas jepara?

Resep Membuat Pindang Serani Asli Jepara
pindang serani enak

Resep Pindang Serani Asli Jepara

Bahan resep pindang serani Jepara:

sediakan 800 gram ikan bandeng/patin/mujair
sediakan 1 sdm air jeruk nipis
sediakan 10 siung bawang merah diris tipis
sediakan 4 siung bawang putih iris tipis
sediakan 2 batang serai dimemarkan
sediakan 2 cm lengkuas dimemarkan
sediakan 2 cm jahe diiris
sediakan 4 cm kunyit diiris
sediakan 2 buah tomat dipotong
sediakan 1/2 sdt gula
sediakan 1000 ml air
sediakan garam secukupnya.

Resep Membuat Pindang Serani Asli Jepara
pindang serani asli jepara
Cara membuat pindang serani asli jepara:

1. Langkah pertama yaitu membersihkan ikan dari sisik dan kotorannya, lalu potong menjadi 2 bagian atau sesuai selera anda, lalu lumuri dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan tambahkan garam, setelah itu diamkan selama 10 menit hingga meresap.

2. Langkah kedua rebus air beserta bumbu bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, dan kunyit yang sudah disiapkan hingga muncul aroma harum.

3. Langkah ketiga masukkanlah ikan nila/mujair/patin/bandeng, tomat, gula, dan garam secukupnya, lalu masak di atas api sedang hingga matang dan bumbu meresap.

4. Langkah terakhir yaitu sajikan pindang serani jepara pada kondisi hangat bersama dengan nasi putih.


Anda bisa menambahkan lalapan seperti daun kemangi. Bila anda menyukai pedas anda bisa menambahkan sambal korek atau sambal tomat matang. Sekian resep membuat pindang serani jepara, dan semoga bermanfaat.