Resep Cara Membuat Klepon Mudah Enak

Resep Membuat Klepon Kelapa – Siapa yang tak kenal dengan klepon? Jajanan khas Indonesia satu ini memiliki ciri khas ‘ledakan’ gula merah ketika kita gigit. Biasanya klepon banyak dijajakan pada saat bulan suci Ramadhan tiba.

Resep dan Cara Membuat Klepon dengan Mudah
resep klepon

Namun kali ini Anda tak perlu menunggu bulan puasa tiba, karena kami akan berbagi informasi dan tips seputar resep membuat klepon yang nikmat. Penasaran kan? Yuk, simak informasi resep membuat klepon berikut ini.

cara membuat klepon empuk
resep klepon mudah

Resep Membuat Klepon Enak dan Empuk


Bahan-Bahan Membuat Klepon:

- Tepung ketan sebanyak 300 gram
- Air mendidih cukup dengan 4 sdm
- Santan hangat sekiranya 150 ml
- Air daun suji sebanyak 50 ml
- Air kapur cukup dengan ½ sdm
- Gula merah sebanyak 200 gr, sisir halus (bisa sesuai selera)
- Kelapa agak muda sekiranya 1 butir, kupas dan parut memanjang
- Garam secukupnya saja.


Resep dan Cara Membuat Klepon dengan Mudah
resep membuat klepon gula merah
Cara Membuat Klepon Gula Merah dengan Mudah
1. Tahap pertama siram tepung dengan menggunakan air mendidih, aduk-aduk tepung tadi sampai tercampur secara merata. Setelah itu tambahkan garam, daun suji, dan air kapur sambil diuleni sampai tercampur merata.

2. Selanjutnya, masukan santan sedikit demi sedikit sambil tetap terus diuleni. Agar lebih mudah dan simpel, Anda bisa menggunakan bantuan tangan bersih. Setelah merata, pastikan adonan tersebut bisa dibentuk sesuai selera.

3. Jika sudah bisa dibentuk, silakan bentuk adonan tersebut mirip dengan kelereng kecil. Lakukan sampai semua adonan habis tanpa bersisa.

4. Berikutnya ambil adonan berbentuk bulatan kelereng tadi, lalu pipihkan dan isi dengan gula merah yang telah disisir. Lakukan sampai semua gula merah dan adonan habis. Jangan lupa tutup dan bulatkan kembali.

5. Rebuslah bulatan-bulatan tadi dengan menggunakan air sampai mendidih dan mengapung. Sambil menunggu Anda bisa mengukus parutan kelapa, garam, dan tambahan daun pandan.

6. Setelah semua selesai, gulingkan bulatan yang telah direbus tadi di atas parutan kelapa kukus sampai merata. Kemudian sajikan untuk camilan bersantai keluarga tercinta.

Bagaimana, mudah kan? Nah, seperti itulah resep dan cara membuat klepon mudah gula merah yang bisa https://miresep.blogspot.com/ sajikan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi anda.