Resep Es Selasih Kolang Kaling

Es Selasih Kolang Kaling merupakan salah satu minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat. Karena selain mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah, es selasih juga cocok diminum di saat seseorang merasakan dahaga karena cuaca panas.

Selain itu, Es selasih juga cocok dihidangkan pada berbagai acara, seperti acara resepsi pernikahan, acara ulang tahun, acara syukuran, atau yang lainnya. Selain itu Es Selasih kolang kaling ini cocok anda hidangkan saat berbuka puasa sebagai menu pembuka dan penghilang dahaga setelah menjalankan puasa seharian.

Resep Es Selasih Kolang Kaling-Resep Enak Lezat

Anda pun juga bisa membuat es selasih kolang kaling sendiri, karena cara membuatnya yang tergolong mudah. Es buah selasih kolang kaling sendiri terbuat dari bahan-bahan segar yang mudah anda dapatkan di pasar tradisional maupun pasar modern. Bahan utamanya adalah selasih, dan anda juga bisa menambahkan berbagai macam buah-buahan yang anda sukai. Anda bisa mempraktikkan cara membuat es buah selasih kolang kaling ini dengan keluarga anda tercinta, anak perempuan tercinta, atau suami anda.

Resep Membuat Es Buah Selasih Kolang Kaling

Resep Es Buah Selasih Kolang Kaling-Resep Enak Lezat

Bahan Membuat Es Selasih Kolang Kaling:

  • Siapkan 2 gelas selasih.
  • Siapkan 20 biji kolang-kaling (secukupnya).
  • 2 cangkir kelapa muda.
  • Siapkan essence (ekstrak perasa buah) yang anda sukai.
  • Sirup merah secukupnya.
  • Air es secukupnya.

Cara Membuat Es Selasih Kolang Kaling-Resep Enak Lezat

Cara Membuat Es Buah Selasih Kolang Kaling:

  1. Cuci hingga bersih, dan rebus sebentar kolang-kaling agar lebih empuk.
  2. Belah kolang-kaling menjadi dua bagian, cuci dan rebus kembali kolang-kaling dengan sedikit air dan beri gula secukupnya.
  3. Jika anda menyukai rasa buah yang lain, anda boleh tambahkan pewarna makanan atau gunakan essence rasa buah yang juga bisa memberi warna pada kolang-kaling.
  4. Setelah kolang-kaling menjadi lunak, dan air yang digunakan untuk merebus sudah menyusut, angkat kolang-kaling, kemudian tiriskan.
  5. Langkah berikutnya adalah campur bahan-bahan tadi, yakni buah selasih, kolang-kaling, dan kelapa muda hingga tercampur menjadi satu.
  6. Lalu masukkan bahan-bahan lainnya satu per satu.
  7. Aduklah campuran bahan tadi hingga benar-benar rata.
  8. Untuk penyajian, siapkan gelas agak panjang/dalam, tuangkan Es buah selasih kolang kaling secukupnya pada gelas hingga terlihat cantik. Anda juga bisa menggunakan gelas atau wadah lain sesuai dengan selera anda.
  9. Es buah selasih kolang kaling yang istimewa pun sudah siap dihidangkan.
Resep Es Biji Selasih Kolang Kaling-Resep Enak Lezat

Nah, itu tadi beberapa langkah dan resep es buah selasih kolang kaling, mudah bukan? Anda sendiri bisa langsung mempraktikkan membuat es selasih kolang kaling di rumah.
Selamat Mencoba.