Resep Kue Cubit Empuk dan Lembut

Kue Cubit yang empuk dan lembut dulu hampir dilupakan karena tergerus perkembangan kue-kue modern, tetapi kini kue cubit mulai merangkak naik kembali ke permukaan, apalagi saat ini sudah banyak franchise kue cubit yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, dengan inovasi pada pilihan toping yang sangat menarik dan uptodate.

Dari penjualan kue cubit ini, beberapa franchise sukses menjadi besar dan mendapatkan penghasilan yang melebihi perkiraan. Untuk penamaan kue cubit sendiri, ternyata sampai saat ini belum ada referensi tertulis mengapa kue ini disebut kue cubit. Namun, banyak yang mengatakan kalau nama kue cubit ini berasal dari cara pengangkatan kue yang menggunakan alat penjepit – seperti dicubit.

Resep kue cubit empuk dan lembut - resep enak lezat
Tekstur kue cubit yang sangat empuk dan lembut ketika di jepit dari loyang pemanggang memang terlihat seperti kulit yang dicubit. Penamaan kue cubit memang tidak perlu untuk kita perdebatkan, yang terpenting adalah rasa dari kue cubit yang empuk dan lembut selalu membuat kita ketagihan, seakan-akan rasa kue ini menari di indera pengecap kita. Penasaran kan dengan resep dan cara membuat kue cubit? Berikut adalah resep membuat kue cubit empuk dan lembut.


Bahan-Bahan Kue Cubit Empuk Lembut:

  • Telur 3 butir
  • Gula pasir 100 gr
  • Tepung terigu 100 gr
  • Margarin 100 gr, lelehkan
  • Susu cair 200 ml
  • 1 Bungkus vanili bubuk
  • Soda kue ¼ sdt
  • Baking powder ½ sdt
  • Keju parut dan coklat meses secukupnya.

Tips Membuat Kue Cubit Empuk Lembut:

  • Pastikan gula pasir benar-benar halus agar tekstur kue cubit menjadi lembut.
  • Gunakan wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar, agar adonan kue cubit lebih mudah dan terfokus saat dituangkan ke dalam cetakan.
  • Cetakan kue cubit disesuaikan dengan selera.
  • Dalam penyajiannya kue cubit ada 2, yaitu kue cubit setengah matang dan kue cubit matang sepenuhnya. Penyajian kue cubit setengah matang akan membuat tekstur kue cubit menjadi empuk dan lembut, karena bagian tengah kue cubit masih belum terlalu kering.

Cara Membuat Kue Cubit Empuk Lembut:

  1. Siapkan tempat, kemudian masukkan gula pasir dan juga telur, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Aduk dengan menggunakan mixer agar lebih cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, dan juga susu cair, lalu campurkan hingga rata. Tuang margarin yang sudah mencair, aduk rata dan kemudian tambahkan soda kue, baking powder dan juga vanili bubuk.
    Cara Membuat kue cubit empuk enak - resep enak lezat
  3. Setelah adonan kue cubit tercampur rata, tempatkan adonan pada wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar supaya adonan lebih mudah dituangkan ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang sebelumnya telah diolesi dengan menggunakan margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan, lalu tutup kembali.
  5. Saat adonan kue cubit sudah setengah matang, bisa kita taburi dengan menggunakan keju atau coklat meses, kemudian tutup dan teruskan memanggang sampai matang, yang biasanya ditandai dengan berubahnya warna bagian bawah kue cubit menjadi agak kecoklatan.
  6. Keluarkan kue cubit dari loyang cetakan, lalu sajikan.
Resep kue cubit empuk ncc - resep enak lezat
Cukup mudah bukan, resep membuat kue cubit empuk dan lembut diatas? Silakan untuk mencoba membuat kue cubit sendiri di rumah, dan semoga berhasil.