Resep Kepiting Lada Hitam Sederhana

Indonesia sebagai Negara Maritim memang dikenal akan hasil lautnya yang beragam, salah satunya adalah Kepiting. Bahkan beberapa kota di Indonesia, seperti Balikpapan, Ambon, Ternate dan Sorong begitu terkenal akan olahan Kepitingnya yang mendunia.

Kali ini ResepEnakLezat.com akan menyajikan resep masakan Kepiting yang sudah sangat terkenal, yaitu Resep Kepiting Lada Hitam Sederhana. Perpaduan rasa yang gurih dari Kepiting, serta rasa pedas yang mengigit dari lada hitam tentunya sangat nikmat, apalagi jika Kepiting Lada Hitam ini disantap dengan sepiring nasi putih hangat.

Untuk mendapatkan hasil olahan Kepiting Lada Hitam yang memuaskan, pilihlah Kepiting yang masih segar, atau pilihlah Kepiting yang masih hidup jika memungkinkan. Biasanya untuk satu kilogram Kepiting terdiri dari 2 sampai 3 ekor Kepiting. Namun jika tidak ada Kepiting, maka Anda pun bisa menggantinya dengan Rajungan.


resep kepiting lada hitam sederhana - resep enak lezat

Adapun kesulitan yang biasa ditemui pada saat mengolah Kepiting adalah pada saat membersihkannya. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa meminta bantuan kepada penjual Kepiting untuk membersihkannya langsung saat membeli. Namun apabila anda menginginkan kepiting tetap kelihatan segar sampai saat akan diolah, ada trik sederhana yang mungkin bisa membantu anda.

Pertama-tama, pastikan Kepiting masih dalam keadaan terikat, kemudian balik posisinya sehingga bagian punggung Kepiting berada di bawah, tusukkan pisau tepat di bagian yang berbentuk segitiga, kemudian belah Kepiting menjadi 2 bagian. Bersihkan Kepiting dengan air, agar kotoran yang terdapat pada bagian segitiga tersebut mengalir terbuang bersama air. Kini Kepiting anda sudah suap untuk diolah menjadi Kepiting Lada Hitam Sederhana.

Cara yang kedua adalah dengan cara memasukkan Kepiting hidup-hidup ke dalam air panas, rebus sebentar, lalu potong-potong Kepiting sesuai dengan selera anda.
Berikut ini kami sajikan Resep Membuat Kepiting Lada Hitam Sederhana.

Bahan-Bahan Memasak Kepiting Lada Hitam Sederhana:

  • 2 ekor kepiting, dibelah menjadi empat bagian
  • 3 sdm minyak, untuk menggoreng dan menumis bumbu.

Bumbu Kepiting Lada Hitam Sederhana:

  • 1 sdm lada hitam, disangrai lalu ditumbuk kasar
  • 5 siung bawang putih, dicincang sampai halus
  • 3 cm jahe, diiris tipis
  • 5 buah cabe rawit, dihaluskan
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam

cara memasak kepiting lada hitam sederhana - resep enak lezat

Cara Membuat Menu Kepiting Lada Hitam Sederhana:

1. Goreng Kepiting sampai berubah warna, angkat lalu tiriskan.
2. Tumis bawang putih, jahe dan juga cabe rawit hingga harum.
3. Tambahkan lada hitam, kecap manis, saus tiram, serta garam, lalu aduk rata
4. Masukkan Kepiting yang sudah digoreng tadi, lalu aduk-aduk
5. Tutup sebentar supaya semua bumbunya meresap
6. Tambahkan air jeruk, aduk-aduk lagi, lalu angkat dan sajikan.

Jika anda mempelajari serta mempraktikkan Resep Membuat Kepiting Lada Hitam ini dengan teliti dan tekun, maka tidaklah sulit bagi anda untuk dapat menghidangkan Kepiting Lada Hitam Sederhana yang khas seperti hidangan Kepiting Lada Hitam ala resto seafood langganan Anda.
Demikianlah Resep Kepiting enak lezat kali ini.