Resep Membuat Pancake Mudah Praktis

Resep Membuat Pancake Mudah - Setelah sebelumnya kami memberikan resep membuat macaroon sederhana, kali ini kembali kami akan memberikan resep kue yang cukup ngetrend di masyarakat yaitu pancake. Pancake ini merupakan jenis kue yang berasal dari negara-negara di Eropa yang kemudian diadopsi oleh beberapa chef untuk diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dan ternyata hasilnya banyak yang menyukai kue ini.

Resep Membuat Pancake Mudah Sederhana

Pancake ini sekilas tampak seperti kue maryam yang tipis kemudian ditumpuk-tumpuk hingga beberapa lapis kemudian disiram dengan madu atau selai buah. Ada juga pancake yang diberi coklat dan keju. Intinya taburan pancake ini sesuai dengan selera anda saja, anda dapat mengkreasikannya sendiri ya sobat.

Pancake ini sangat cocok untuk dimasukkan list daftar menu bisnis kuliner anda. Rasa pancake yang enak membuat banyak kalangan menyukainya. Pancake juga sering sekali dihidangkan di cafe-cafe ditemani dengan segelas coklat panas.

Nah bagi anda yang penasaran ingin mencoba membuat pancake sendiri, kami sudah menyiapkan resep pancake mudah sederhana untuk anda. Simak resep pancake mudah sederhana di bawah ini.

Resep Membuat Pancake Mudah Sederhana

Bahan membuat pancake:

sediakan 110 gram tepung terigu serba guna
sediakan 1 butir telur ayam ukuran besar (kemudian kocok rata)
sediakan 1 1/4 sdt baking powder  (Saran: gunakan yang double acting)
sediakan 1/4 sdt garam
sediakan 2 sdt white vinegar atau air jeruk nipis
sediakan 1 1/2 sdm gula pasir
sediakan 2 sdm mentega atau 40 gram margarine, cairkan.
sediakan 135 ml susu cair atau 3 sdm susu bubuk full cream + 130 ml air (aduk rata)

Cara Membuat Pancake Mudah Praktis:

1. Langkah pertama yaitu masukkan susu cair dan white vinegar atau air perasan jeruk lemon ke wadah yang ukurannya sedang saja. Lalu aduk susu dan vinegar itu sampai semua merata. Diamkan dahulu agar rasa susu menjadi asam.

2. Langkah kedua yaitu memasukkan tepung terigu, baking powder, garam, serta gula pada wadah terpisah. Aduk-aduk sampai merata.

3. Langkah ketiga yaitu siapkan wadah lain berukuran besar lalu masukkan mentega cair (pakai mentega yang sudah dingin ya), susu serta vinegar yang telah dikocok sebelumnya. Aduk adonan hingga rata.

4. Langkah keempat yaitu masukkan tepung terigu ke dalam adonan kocokkan telur dan susu vinegar di langkah nomor 3. Kemudian aduk sampai tercampur merata, pakai spatula saja ya sobat. Aduk pelan saja.

5. Langkah kelima yaitu menyiapkan wajan yang permukaannya datar anti lengket (teflon), lalu olesi wajan dengan sedikit mentega. Jangan lupa olesi juga bagian dalam dinding cetakan pancake kalau anda pakai cetakan.

Cetakan ini digunakan agar bentuk pancake bagus. Anda bisa pakai cetakan bentuk hati atau bulat, atau bentuk lain yang unik

6. Langkah ke enam, tuangkan satu sendok sayur adonan pancake ke wajan/dalam cetakan. Masak adonan sampai muncul gelembung kecil.

7. Terakhir balik adonan supaya bagian atas adonan juga matang. Jangan telan adonan, biarkan saja hingga matang dengan sendirinya.

8. Untuk menyajikan pancake, tumpuk beberapa pancake kemudian taburi dengan meses coklat dan keju cheedar. Atau bisa juga memakai selai bluberry atau strawberry.

Sampai di sini resep membuat pancake mudah sederhana sudah selesai. Anda dapat menyajikannya untuk anak dan keluarga anda di rumah. Sekian ulasan resep pancake mudah dari kami kali ini. Silakan share artikel ini jika bermanfaat. Sampai ketemu di resep kue selanjutnya.