Resep Takjil Kolak Tape Singkong

Resep Kolak Tape Singkong Untuk Takjil – Tape sebenarnya merupakan hasil fermentasi dari singkong. Tape memiliki rasa yang pahit, manis, dan agak sedikit masam. Kadang-kadang bau tape ini mirip dengan alkohol, tetapi Anda tak perlu cemas karena tape aman dikonsumsi oleh semua orang.

Resep Kolak Tape Singkong Untuk Takjil

Tape bisa dibilang memiliki kenikmatan yang khas. Terkadang kenikmatan tape ini dimanfaatkan untuk membuat es campur dan kolak. Dengan menambahkan tape singkong, minuman yang kita buat akan semakin segar di minum. Nah bagi Anda yang sedang mencari resep kolak tape singkong yang biasa disajikan pada bulan Ramadhan, berikut kami sajikan informasi selengkapnya.

Resep Membuat Kolak Tape Singkong


Bahan-Bahan Kolak Tape:

- Tape singkong yang tidak terlalu empuk 400 gram, potong dadu ukuran 5 cm
- Santan encer 600 ml
- Gula merah 170 gram
- Gula pasir 30 gram
- Kelapa muda 200 gram, kerok kasar
- Daun pandan 3 lembar, simpulkan

Cara Membuat Kolak Tape Singkong Mudah

1. Pertama rebus terlebih dahulu santan, gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Rebus semua bahan tersebut bersama dengan santan dan tunggu sampai mendidih. Sambil merebus usahakan aduk-aduk lembut agar tekstur santan tak pecah.










2. Sekarang masukan tape dan irisan kelapa muda. Didihkan selama kurang lebih 15 menit, tetapi jangan diaduk agar tape tak hancur.

3. Siapkan gelas atau mangkuk saji, kemudian tuang hasil olahan tersebut. Apabila Anda ingin dalam keadaan dingin, silakan tambah es batu setelah kolak tersebut tidak terlalu panas.

Mencari tape singkong sebenarnya sangat mudah sekali, Anda bisa membelinya di supermarket terdekat atau pasar tradisional. Jika ingin lebih murah, Anda bisa mencari tape singkong ke pasar tradisional saja. Usahakan mencari tape singkong yang sudah benar-benar terfermentasi sempurna.

Itulah resep cara membuat kolak tape singkong praktis yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Agar lebih nikmat jangan lupa konsumsi bersama keluarga tercinta. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi resep masakan bagi anda.