Resep Cara Membuat Cumi Pedas Manis

Resep Cara Membuat Tumis Cumi Pedas Manis - Pada artikel tentang resep seafood sebelumnya, ResepEnakLezat.com pernah memberikan ulasan tentang resep gulai sotong enak. Kali ini kami kembali akan menyajikan ulasan tentang resep membuat tumis cumi pedas manis yang sangat enak dimakan bersama nasi hangat ditemani dengan aneka sayuran segar.

Resep Cara Membuat Tumis Cumi Pedas Manis

Cumi merupakan salah satu jenis makanan laut yang paling digemari selain udang, ikan laut, kerang, dan lobster. Di Jepang dan China, cumi menjadi makanan umum yang disantap oleh masyarakat di sana. Biasanya cumi dimasak dengan cara ditumis atau digoreng renyah menggunakan tepung. Menu makanan cumi di Indonesia juga cukup digemari, ini terbukti dengan larisnya aneka menu cumi di berbagai warung makan seafood di tanah air.

Cara mengolah cumi ini susah-susah gampang. Sebelum memasak cumi, anda harus menghilangkan kantung tinta nya terlebih dahulu agar rasa cumi tidak pahit. Ini merupakan bagian terpenting dalam memasak cumi agar rasanya enak. Nah kali ini kami akan memberikan resep tumis cumi pedas manis untuk anda, silakan simak resepnya di bawah ini.

Resep Cara Membuat Tumis Cumi Pedas Manis

Bahan cumi tumis pedas manis:

sediakan 250 gr cumi basah, cuci bersih, buang tintanya terlebih dahulu
sediakan 2 sdm kecap manis
sediakan 1 buah jeruk nipis
sediakan 3 buah cabe merah, iris kecil
sediakan 2 siung bawang putih, iris kecil
sediakan 2 butir bawang merah, iris kecil
sediakan Garam
sediakan Gula
sediakan Lada
sediakan Minyak goreng


Cara memasak tumis cumi pedas manis :

1. Langkah pertama adalah memotong cumi yang sudah dihilangkan kantung tinta nya. Lalu lumuri ikan cumi dengan air perasan jeruk nipis. Tunggu sejenak selama kurang lebih 10 menit. Ini bertujuan agar cumi tidak terasa amis saat dimakan nanti.

2. Langkah kedua yaitu menumis cabai, bawang putih, serta bawang merah hingga keluar bau harum. Lalu masukkan cumi tadi, tumis hingga matang (cumi berubah warna kecoklatan). Kemudian tambahkan garam, gula, dan lada, sesuaikan rasanya dengan selera lidah anda.

3. Terakhir, tambahkan kecap manis dan saus sesuai selera. Tumis sejenak lalu angkat.


Sampai di sini resep tumis cumi pedas manis sudah selesai dan siap dihidangkan untuk menu makan keluarga anda. Anda dapat menyajikannya bersama dengan sayur cah kangkung. Sekian resep seafood kali ini, nantikan resep menarik kami berikutnya.