Resep Membuat Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah - Agar-agar merupakan jenis puding atau jajanan yang sangat disukai anak dan orang dewasa. Rasa agar-agar yang manis dan memiliki cita rasa khas rumput laut membuat agar-agar ini sangat enak dan lumer di mulut. Dahulu, orang membuat agar-agar ini dicampur dengan santan dan gula merah agar rasanya lebih unik dan enak lagi.

Agar-agar sendiri adalah makanan yang terbuat dari rumput laut dimana rumput laut segar diolah menjadi bubuk agar-agar. Kita harus merebus bubuk agar-agar mentah dengan air dan gula untuk membuat agar-agar yang matang dan keras. Agar-agar sendiri memiliki kandungan betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mata.

Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Agar-agar merupakan makanan unik yang bisa mengeras jika didiamkan terlalu lama. Hal ini karena agar-agar mengandung zat tertentu yang bisa membuatnya mengeras dan tidak mudah pecah ketika didiamkan. Kini seiring dengan berkembangnya zaman, agar-agar mulai dikembangkan menjadi puding dan nutrijell yang memiliki tekstur kenyal dan tidak mudah hancur.

Walaupun saat ini sudah ada berbagai macam tipe olahan agar-agar, namun puding agar-agar lapis santan gula merah tidak akan hilang dan tidak tergantikan. Orang-orang tetap menyukai makanan ini karena memiliki cita rasa yang khas.

Nah kali ini blog ResepEnakLezat akan mengulas tentang Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah untuk anda. Mungkin resep ini bisa menjadi inspirasi anda dalam membuat agar-agar santan gula merah untuk menemani siang hari anda yang panas. Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

puding Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Puding Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Bahan Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah:

sediakan air 500 ml
sediakan gula merah 180 g iris kasar
sediakan agar agar bubuk putih 3 sdt
sediakan daun pandan 1 lembar ( dibuat bersimpul )
sediakan santan kental 300 ml
sediakan garam secukupnya

Cara Membuat Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah: 

1. Langkah pertama yaitu terlebih dahulu masak gula merah, air, agar-agar dan daun pandan dengan panci. Pakailah api sedang sambil terus diaduk sekitar 15-20 menit.

2. Langkah kedua yaitu campurkan garam dan santan, lalu keluarkan daun pandan tadi dari agar-agar,  setelah itu tuangkan santan kedalam larutan agar-agar pada panci. Kemudian masak lagi hingga matang.

3. Langkah ketiga yaitu tuangkan agar-agar ke wadah. Anda dapat memakai wadah khusus berukuran kecil, atau gelas, atau bisa juga menggunakan mangkuk. Dinginkan, boleh juga di masukkan ke kulkas.

Sampai di sini Resep Puding Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah sudah selesai. Ketika agar-agar sudah dingin maka akan terlihat lapisan gula merah di bagian bawah. Anda dapat menyajikan agar-agar santan gula merah ini untuk anak dan keluarga anda, lebih cocok lagi disajikan pada siang hari yang panas. Sekian ulasan kami kali ini mengenai Puding Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah, dan semoga bermanfaat.