Resep-Resep Membuat Kue Kukus Tradisional

Resep-Resep Kue Kukus Tradisional - Kue tradisional kebanyakan dibuat dengan cara digoreng atau dikukus. Sejak dulu kala memang memasak dengan cara mengkukus sudah digunakan oleh manusia di belahan dunia manapun.
Mengukus merupakan cara memasak yang paling mudah dan murah. Jika menggoreng membutuhkan minyak goreng yang harganya agak mahal, mengoven membutuhkan alat oven yang mahal, mengukus hanya membutuhkan dandang dan air saja.

resep putu mayang miresep

Mengukus tidak hanya dipakai untuk membuat masakan atau menu sayur dan lauk saja, namun juga dipakai untuk membuat kue dan jajanan tradisional. Di Indonesia sendiri, banyak sekali kue tradisional yang dimasak dengan cara dikukus. Beberapa contohnya adalah gethuk lindri, sentiling singkong, dan lopis.

Beberapa jenis kue dan jajanan di atas pastinya sudah sering anda jumpai dan bahkan mungkin anda sukai sekali menyantapnya. Ketiga contoh kue tradisional di atas merupakan kue yang dibuat di daerah Jawa Tengah. Jawa Timur, dan DIY. Gethuk lindri misalnya, jajanan tersebut sangat terkenal di tanah jawa, bahkan sudah dibuat menjadi judul sebuah lagu tradisional.

Nah, jika anda tiba-tiba ingin menyantap jenis kue di atas namun anda tidak menjumpai penjualnya, jangan khawatir. Anda bisa membuat ketiga jenis kue tersebut dengan mudah di rumah. Membuatnya hanya membutuhkan peralatan sederhana dan tidak ribet. Berikut ResepEnakLezat.com sudah menyediakan aneka resep kue kukus tradisional untuk anda.

Kumpulan Resep Kue Kukus Tradisional:

1. Resep Membuat Gethuk Lindri

resep gethuk lindri miresep

Gethuk lindri merupakan jajanan khas Jawa yang sangat digemari oleh masyarakat di tanah jawa. Jajanan ini berkembang pertama kali di daerah Solo dan Jogja. Gethuk lindri terbuat dari singkong yang dimakan dengan parutan kelapa. Gethuk lindri dibuat berbagai macam warna sehingga menarik perhatian dan selera kita. Berikut adalah resep untuk membuat gethuk lindri:

Bahan:
sediakan 500 gram singkong yang telah diparut
sediakan ½ sdt garam
sediakan pewarna makanan alami
sediakan 150 gram gula pasir

Bahan taburan:
sediakan 1/4 sdt garam
sediakan ½ butir kelapa yang diparut halus

Cara membuat getuk lindri:
1. Step awal yang harus dilakukan yaitu mengupas singkong, kemudian mencucinya sampai bersih.
2. Langkah kedua yaitu singkong tadi dipotong kecil.
3. Langkah ketiga yaitu merebus singkong sampai empuk, lalu tunggu hingga agak dingin.
4. Langkah keempat lumatkan singkong, campur dengan garam dan gula, hingga halus.
5. Langkah kelima yaitu bagi adonan menjadi 2 dan beri pewarna merah dan hijau. Setelah itu cetak adonan sesuai selera.

2. Resep Membuat Lopis

resep lopis miresep

Lopis atau lupis juga merupakan jajanan tradisional dari Jawa. Jajanan ini biasa disajikan dengan gula merah yang membuat rasanya manis dan enak. Lopis juga dicampur dengan cenil yang berwarna merah muda dan teksturnya kenyal. Berbeda dengan lopis di jawa, di daerah Sumatera Barat lopis biasa dikenal dengan nama lemang. Lemang juga terbuat dari beras ketan namun berbeda cara memasaknya. Lemang dimasak dengan bambu yang dibakar. Berikut adalah resep membuat lopis:

Bahan lopis:
sediakan 300 gram beras ketan, rendam 1 jam, tiriskan
sediakan ½ sdm air kapur sirih
sediakan ½ butir kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
sediakan 2 lembar daun pandan
sediakan ¼ sdt garam
sediakan daun pisang dan tali bambu untuk membungkus dan mengikat

Bahan Kuah gula:
sediakan 400 gram gula merah, sisir halus
sediakan 250 ml air
sediakan 2 lembar daun pandan

Cara membuat lopis:
1. Langkah pertama yaitu campur air kapur sirih dan beras ketan lalu campur rata. Setelah itu ambil daun pisang kemudian bentuklah menjadi bentuk contong. Kemudian masukkan beras ketan ke dalamnya.
2. Langkah kedua yaitu bungkus daun pisang hingga tertutup rapat agar beras ketan tidak keluar. Kemudian rebus dengan air mendidih sampai matang.
3. Langkah ketiga yaitu membuat kuahnya, caranya rebus gula merah, air dan daun pandan menjadi satu. lalu tempatkan pada wadah khusus
4. Langkah terakhir yaitu kukus kelapa yang sudah diparut, campurkan daun pandan serta garam selama kurang lebih 10 menit.
5. Lopis siap disajikan bersama kelapa dan gula merah

Nah itu dia beberapa aneka resep membuat kue kukus tradisional ala https://miresep.blogspot.com/. Silakan anda coba resepnya di rumah, kami yakin keluarga anda akan menyukainya. Sekian ulasan resep kue kali ini, silakan baca artikel lain di blog kami. Jangan lupa sebarkan artikel ini jika bermanfaat.