Resep Bandeng Bumbu Tomat Pedas Manis

Setelah sebelumnya kami mengulas tentang Resep Soto Ayam Lamongan Asli, kali ini kami beralih akan membahas tentang masakan ikan, yaitu ikan bandeng. Ikan bandeng merupakan ikan air payau yang biasa dimasak oleh ibu-ibu keluarga Indonesia. Bandeng biasa dimasak menjadi bandeng bumbu tomat yang enak.

Resep Bandeng Bumbu Tomat

Bumbu tomat terdiri dari sambal cabai dan dicampur tomat yang dihaluskan. Ini membuat rasa dari bandeng sedikit manis namun tetap enak di lidah. Masakan ini cocok dimakan bersama nasi dan Sayur Kacang Panjang. Nah seperti apakah cara membuatnya, mari kita simak Resep Bandeng Bumbu Tomat di bawah ini.

Bahan:
1kg bandeng
1sdt sendawa
100gr bawang merah
5 siung bawang putih
500gr tomat merah
100gr gula pasir
300cc air
2sdm saos tomat
garam secukupnya
minyak goreng disesuaikan

Cara memasak Bandeng Bumbu Tomat Manis:

1. Semalam sebelumnya, bandeng yang sudah dicuci bersih isi perutnya dan sisiknya, diremas dengan sendawa dan biarkan semalaman.

2. Keesokan harinya ikan dicuci lagi. Bawang merah dan putih diiris halus, sedangkan tomat diparut dicampur air lalu disaring

3. Minyak goreng dipanaskan lalu tumis bawang merah dan putih, kemudian campurkan garam, gula, dan air tomat serta saos tomatnya. Didihkan lalu angkat.

4. Panci bertekanan lalu diberi alas daun pisang, atau diberi alat yang berlubang yang berkaki. Letakkan ikan di atasnya lalu tuangkan tumisan air tomat tadi.

5. Panci ditutup rapi dan ikan dimasak kurang lebih 20 menit.

Ikan bandeng bumbu tomat sudah siap dihidangkan untuk menu makan siang keluarga anda. Sekian Resep Membuat Bandeng Bumbu Tomat Pedas Manis kali ini. Silakan share resep ini ke teman-temanmu ya sobat kuliner..