Resep Membuat Perkedel Kentang Enak Empuk

Resep Membuat Perkedel Kentang – Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? perkedel sebenarnya merupakan makanan khas Belanda yang sering disebut frijkadel. Resep aslinya sendiri  menggunakan daging cincang yang lebih banyak dari kentang. Namun setelah masuk ke Indonesia, perkedel dibuat sebaliknya.

Resep Perkedel Kentang Enak dan Praktis
Resep Perkedel Kentang Enak dan Praktis

Orang Belanda menyajikan perkedel sebagai sumber karbohidrat dan protein tubuh, tetapi di tanah air makanan satu ini disajikan sebagai lauk pauk. Biasanya perkedel disajikan bersama dengan olahan sop seperti soto, sop iga, dan masih banyak lagi. Nah, bagi Anda yang penasaran langsung saja simak resep perkedel kentang dan cara membuatnya berikut ini.

Resep Membuat Perkedel Kentang

Bahan resep perkedel kentang:

- Kentang ukuran sedang sebanyak 500 gr, cuci bersih, kukus hingga matang
- Telur ayam cukup dengan 2 butir, kocok lepas
- Daging sapi cincang sekiranya 150 gr
- Daun bawang sebanyak 2 batang, iris halus
- Minyak untuk menggoreng secukupnya saja

Bumbu halus:

- Bawang putih sebanyak 3 siung
- Bawang merah cukup 6 butir
- Merica sekiranya 1 sdm
- Garam sebanyak 1 sdm


Resep Perkedel Kentang Enak dan Praktis
Resep Perkedel Kentang Enak dan Praktis

Cara Membuat Perkedel dengan Mudah dan Praktis

1. Tahap pertama haluskan kentang yang sudah dikukus tadi. Setelah halus, campur kentang tersebut dengan bumbu halusan dan daging cincang sampai merata.

2. Sekarang masukan daun bawang, lalu aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan bantuan tangan untuk mengaduknya.

3. Bentuk adonan tadi menjadi bulatan-bulatan pipih. Selanjutnya, celupkan ke dalam telur ayam yang telah dikocok lepas. Pastikan semua adonan sudah terolesi telur secara merata.

4. Goreng adonan yang telah dicelupkan tadi hingga berubah warna menjadi kecoklatan.

5. Angkat dan sajikan selagi masih hangat. Anda bisa menyajikan perkedel bersama nasi hangat sebagai lauk.


Resep Perkedel Kentang Enak dan Praktis
Resep Perkedel Kentang Enak dan Praktis

Tips Membuat Perkedel Lebih Renyah dan Segar

Mungkin setelah menerapkan resep perkedel kentang di atas kita akan mendapatkan perkedel yang lembek di bagian dalamnya. Nah, bagi Anda yang tidak suka dengan perkedel lembek, maka silakan hindari mengukus kentang. Anda bisa menggoreng langsung kentang yang telah dikupas dan diiris setengah matang, kemudian dibumbui. Cara ini akan membuat tekstur kentang lebih segar dan renyah, apalagi jika dikonsumsi sebagai camilan.

Selain itu agar rasa perkedel semakin lezat dikonsumsi, tambahkan pula bubuk cabai rawit pada bumbu halusan. Dengan menambahkan cabai rawit, perkedel akan terasa lebih pedas dan nikmat. Akan tetapi jika Anda tidak suka pedas, lebih baik jangan menambahkan cabai.

Itulah informasi singkat mengenai resep perkedel kentang empuk yang dapat kami sajikan. Langsung saja bagi anda yang penasaran, silakan coba resep di atas sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.